TUGAS I APSI

ANALISA SISTEM INFORMASI TIX ID


Karina Soraya P
05111740000003
APSI - C


Sistem Informasi 

yaitu suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. Biasanya suatu perusahan atau badan usaha menyediakan semacam informasi yang berguna bagi manajemen. Sebagai contoh: Perusahaan toko buku mempunyai sistem informasi yang menyediakan informasi penjualan buku-buku setiap harinya, serta stock buku-buku yang tersedia, dengan informasi tersebut, seorang manajer bisa membuat kebutusan, stock buku apa yang harus segera mereka sediakan untuk toko buku mereka, manajer juga bisa tahu buku apa yang paling laris dibeli konsumen, sehingga mereka bisa memutuskan buku tersebut jumlah stocknya lebih banyak dari buku lainnya.

Sistem Informasi TIX ID




TIX ID adalah aplikasi penjualan tiket bioskop terkemuka di Indonesia. Melalui TIX ID, Anda bisa melakukan pembelian tiket bioskop dengan mudah dan terpercaya. TIX ID juga sering kali menawarkan promo-promo menarik yang semakin memanjakan para pengguna aplikasi. TIX ID adalah platform penjualan tiket bioskop secara online melalui aplikasi di smartphone. Oleh karena itu, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh TIX ID yaitu tidak perlu repot-repot mengantri untuk membeli tiket bioskop, informasi seputar film yang akan tayang, tersedia beberapa opsi pembayaran yang aman dan mudah untuk membeli tiket bioskop, sering memberikan promo seperti diskon.


  • Teknologi Informasi TIX ID
Adapun teknologi informasi yang digunakan di dalam TIX ID sebagai berikut :
  1. Teknologi End User : Aplikasi smartphone android/ios
  2. Teknologi Database : Cloud computing dan smartphone storage
  3. Payment : Dana
  4. Customer Service : Email dan call center
  • Fitur TIX ID
Adapun fitur-fitur di dalam TIX ID, antara lain :
  1. Fitur beli tiket, merupakan fitur untuk membeli tiket film. Tidak hanya film yang sedang diputar di bioskop, pengguna juga bisa memesan tiket film yang belum diputar di bioskop.
  2. Fitur promosi, yang berisi berbagai macam diskon pembelian tiket film.
  3. Fitur bioskop, dimana pengguna bisa mengetahui bioskop apa saja yang ada di kota tersebut dan film apa saja yang sedang diputar di masing-masing bioskop.
  4. Fitur tiket, yang berisi tiket yang akan datang yang telah dipesan serta history pembelian tiket.
  • Diagram Sistem Informasi Secara Umum


Ada 4 Bagian dalam diagram yaitu sebagai berikut:


Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi.


Management Information System (MIS) adalah sebuah sistem atau proses yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk mengelola organisasi secara efektif dalam suatu aplikasi sistem informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen.


Decision Support Systems (DSS) adalah interaktif sistem informasi berbasis komputer yang menggunakan model keputusan dan database khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajerial end user.


Executive Information Systems (EIS) adalah salah satu jenis manajemen sistem informasi untuk memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan yang dibutuhkan eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap informasi baik dari dalam maupun dari luar yang relevan dengan tujuan organisasi.


  • Diagram Sistem Informasi TIX ID



Transaction Processing System (TPS)

Pada TIX ID Transaction Processing System berupa proses pembelian tiket film, mulai dari pemilihan film, pemilihan jam film, tempat duduk serta pembayaran, seperti berikut :



Management Information System (MIS)

Pada TIX ID Management Information System berupa laporan data, monitoring layanan, customer relationship management, data-data traffic maupun berapa banyak pengguna ataupun data pengunduhan yang ada di PlayStore/Web, seperti berikut :


Decision Support Systems (DSS)
Pada TIX ID Decision Support Systems berupa data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya menjadi acuan manajer TIX ID sebagai bahan keputusan untuk usaha dan pengembangan layanannya, seperti grafik kepuasan layanan TIX ID.

Executive Information Systems (EIS)

Pada TIX ID Executive Information Systems berupa data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.

Komentar

Postingan Populer